RSS

Wisata: Gunung Rinjani, Lombok.

Brought to you by Djarum Super.

Flash Video Slider by cu3ox.com v1.8


Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan alamnya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diperluas lagi menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur. Gunung Rinjani ini berada di wilayah 3 Kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat.

Gunung Rinjani dengan titik tertinggi 3.726 m dpl, mendominasi sebagian besar pemandangan pulau Lombok bagian utara.

Di sebelah barat terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m x 4.800 m, memanjang ke arah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat Segara Anak (segara = laut, danau) seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. Di sisi timur Kaldera terdapat Gunung baru (Gunung Barujari) yang memiliki kawah berukuran 170m x 200m dengan ketinggian 2.296 – 2376 m dpl.

Gunung Rinjani memiliki panorama paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pecinta alam mulai dari penduduk lokal, mahasiswa, pecinta alam. Wikipedia
< Prev                                     

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Artikel menarik lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar